Sampai hari ini
demam motor cross masih sangat digemari, semakin banyak komunitas motor cross
yang menjamur di masyarakat. Akan tetapi banyak bikers yang enggan membeli
salah satu dari motor cross tersebut mengingat harga dari motor cross di
Indonesia saat ini masih cukup tinggi,hal itu karena rata-rata motor yang
beredar di Indonesia saat ini masih impor dari luar atau CBU, untuk motor cross
buatan Jepang paling murah saat ini masih berkisar diangka 30 jutaan, oleh
karena itu pada kesempatan kali ini kita akan mengulas bagaimana memiliki
sebuah motor cross dengan budget yang minim, sebenarnya fitur dari motor cross
sangat sederhana desain motor cross sebenarnya hanya fokus pada kekuatan saja
karenanya banyak bengkel-bengkel jalanan yang mampu dalam merakit motor cross
dengan basic motor sport biasa atau bahkan motor bebek dengan peralatan yang
sederhana.
pada kesempatan kali ini kita akan berbagi bagaimana cara modifikasi atau merombak satria FU 150 menjadi motor trail/cross dari A-Z dengan biaya murah tapi tidak kalah dengan buatan pabrikan.mengapa satria fu yang dimodif? Karena menurut saya satria fu adalah motor yang kuat dan tangguh ditambah lagi memiliki mesin tegak yang akan sangat berpengaruh pada tampilan motor nantinya terlebih sudah saya jadikan cross dengan hasil yang cukup memuaskan.
Biaya yang saya keluarkan kira kira 3 jutaan
diluar harga motor dan ongkos pembuatan,disini saya mengerjakan sendiri seluruh
proses pembuatan karenanya biaya menjadi lebuh irit.
So bagaimana prosesnya? Kita mulai dari awal
Pertama tentu
saja siapkan basic motornya yang terpenting mesinya masih ok karena kebanyakan
part lain tidak akan di gunakan lagi.
Karena proses terberat ada pada rangka maka kita mulai dari rangka dulu,disini saya mencontek motor KLX150 karena bodinya mudah di cari dan harganya cukup terjangkau.
Disini kita harus
menyesuaikan rangka dengan body KLX karena itu yang kita contoh,rangka harus di
rombak pada buritanya yaitu ekor harus di angkat lihat gambar.
Selain rangka
yang di rombak ada penambahan beberapa kupingan atau dudukan sayap,spakbor
dll,lihat gambar.
Untuk memperkuat
rangka disini saya menambah batangan di bawah tangki lihat gambar.
setelah rangka
selesai,kita lanjut ke swing arm.
Karena perombakan
pada rangka,swing arm juga harus di balik,bila tidak shock belakang akan jadi
terlalu pendek,lain halnya bila mencari shock lain yang lebih panjang.disini
saya tetap menggunakan shock bawaan karena masih bagus kondisinya sekaligus
mengirit biaya.membalik swing arm tentu dibarengi dengan beberapa modifikasi
diantaranya memindah dudukan cakram,menambah panjang dudukan as agar roda dapat
di tarik lebih ke belakang,karena disini saya menggunakan ban 18 inci jika
tidak ban akan mentok di swing arm.
Setelah swing arm kelar, kita lanjut ke shock depan.
Untuk shock sepan
sangat banyak pilihan mulai dari barang copotan sampai yang upside down juga
banyak,yang perlu di perhatikan adah ukuran komstir yang cocok dengan rangka FU
agar tidak perlu melakukan perombakan lagi pada rangka,shock KLX tidak cocok
karena as komstir KLX sangat pendek.
Disini saya menggunaka shock byson,karena
diameternya cukup besar dan harganya cukup murah.sebaiknya gunakan shok asli
agar hasilnya baik cari saja di pasar loak.
Mengingat shok
byson cukup pendek maka butuh penyambungan.
Penyambungan
dapat di tempuh dengan dua cara,pertama sambung bambu shok yang gampang
dilakukan karna banyak penyambung shok yang dijual di pasaran tetapi tidak akan
menambah panjang travelnya.
Cara kedua yaitu
manambah panjang travel shok yang otomatis menambah panjang shok tetapi
prosesnya sedikit rumit.
Karena disini
diperuntukkan untuk trail yang butuh travel shok yang panjang di anjurkan memilih
cara kedua caranya bisa dilihat disini,namun bila mau simpel cari sok copotan
atau shok aftermarket yang lebih panjang dari byson tetapi jarang ada shok
murah yang diameternya sebesar shock byson.
setelah bagian shock selesai lanjut ke sektor
lingkar. untuk lingkar disini saya menggunakan lingkar ukuran depan 21 dan
belakang 18 inci.untuk tromol dapat menggunakan bawaan hanya perlu membeli
jaruji TS 125. setelah selesai melakukan hal-hal diatas tinggal melakukan
penyesuaian pada pemasangan bodi,banyak penyesuaian kecil yang harus
dilakukan,harus mengikuti penyesuaian body di lapangan.silahkan coment bila ingin bertanya,semoga bermanfaat,salam....
Swing arem pke yg stndar nya ya bos
BalasHapusTerima jasa modif ga boss ?
BalasHapusmantul suhu
BalasHapusTerima jasa modif ga gan?
BalasHapusTrus itu surat2 nya gimana yak?
Pengangkatan rangka d naikkan brp cm bosku?
BalasHapusKalo sgitiganya pake atas-bawah as shock punya RX KING bisa ga oM
BalasHapusTrims
Kalo pke r17 apakah tidak usah di panjngin dudukan as nya suhu?
BalasHapusbng alamat dimana???
BalasHapussok depan bison satu set sma segitiga ny bos?trus dikom setir ny pasti pas tuh bos?gitu ajj trimakasih.boss
BalasHapus