Masih banyak bikers yang ragu-ragu
mengutak Atik motor kesayangannya padahal tidak ada yang sulit bila punya
kemauan dan tekad. Bermodal sedikit kemampuan dan informasi semua mudah
dilakukan.mengingat ongkos perbaikan kendaraan saat ini cukup tinggi,jadi
memperbaiki kendaraan sendiri tentu saja dapat menghemat uang dan menambah
pengetahuan.justru itu kali ini kita akan membahas cara gampang setting karburator motor.
Hal yang paling sering menjadi kendala motor lawas adalah pada
karburator, motor-motor keluaran terbaru saat ini rata-rata sudah
mengadopsi sistem injeksi jadi untuk perawatannya jauh lebih gampang.
Karburator motor sebenarnya bekerja dengan cukup sederhana namun sering mengalami gangguan.penyebab utama gangguan pada karburator paling sering disebabkan oleh kotoran jadi teknik dasar yang harus dikuasai dalam perawatan karburator adalah cara membersihkan karburator dengan baik dan benar yang bisa dilihat disini.apabila dalam pembersihan karburator sudah dikuasai kita sudah dapat melakukan hal yang lebih jauh yaitu dalam seting karburator,arti setting karburator disini adalah melakukan penyetelan pada karburator sesuai dengan karakter dan keinginan bikers masing-masing yaitu ingin menaikkan performa mesin atau ingin menjadikan mesin lebih irit atau ekonomis.
Ada beberapa komponen utama di dalam karburator diantaranya jarum skep, pelampung,pilot jet, main jet,air screw.
Kumpulan komponen tersebutlah yang harus diubah dalam mencari komposisi karburator sesuai dengan keinginan. Sebenarnya sangat banyak kemungkinan Kombinasi yang bisa dilakukan dalam penyetelan karburator namun pada dasarnya komponen yang paling mudah untuk dimodifikasi di dalam karburator adalah pilot jet,main jet, dan jet needle jet. Sebenarnya pabrikan sudah mensetting karburator sebaik mungkin dengan performa optimal dan irit bahan bakar,tetapi bila dirasa performa standar kurang memuaskan banyak hal-hal yang dapat dilakukan, dalam tuning karburator motor paling tidak harus tahu indikasi kondisi karburator dari performa motor itu sendiri.
Berikut adalah indikasi keadaan karburator berdasarkan performanya
- Saat langsam RPM motor tidak stabil kemungkinan campuran bahan bakar terlalu miskin
- Saat motor langsam keluar asap hitam dari knalpot dan berbau menyengat kemungkinan campuran bahan bakar terlalu boros
- Ketika dijalankan motor terasa kurang tenaga dan ngempos,kemungkinan campuran bahan bakar terlalu miskin
- Ketika diajak berakselerasi motor brebet atau tersendat-sendat tandanya campuran bahan bakar terlalu boros
- Pada pagi hari motor sulit dihidupkan kemungkinan pilot jet kekecilan,akan tetapi bila motor gampang di nyalakan pada pagi hari tanpa menarik cuk.kemungkinan pilot jet kebesaran
- Body karburator mengembun saat mesin dinyalakan,pertanda campuran terlalu boros
- busi berjelaga hitam pertanda campuran terlalu boros
- motor cepat panas pertanda campuran terlalu kurus
hal diatas bisa juga dilihat dari warna elektroda busi,warna elektroda busi yang baik adalah putih kecoklatan, bila warna elektroda busi tampak putih kemungkinan campuran bahan bakar terlalu miskin, bila elektroda busi berwarna kehitaman berjelaga kemungkinan campuran bahan bakar terlalu boros.
Dalam mencari komposisi karburator sesuai dengan keinginan sebenarnya sudah di fasilitasi oleh pabrikan motor,yaitu pada jarum skep.
Memindah posisi klip jarum adalah cara termudah mengubah perbandingan campuran bahan bakar dan udara.bila posisi klip diatur pada posisi terbawah otomatis campuran bahan bakar akan semakin kaya, bila posisi klip di bagian paling atas otomatis campuran BBM akan semakin miskin.
Tetapi bila hal itu masih dirasa kurang,kita dapat melakukan penggantian pilot jet dan main jet.dalam melakukan penggantian pilot jet dan main jet jangan langsung dilakukan kenaikan tingkat yang terlalu besar lakukan proses secara bertahap mulai dari 1 step dan seterusnya dilakukan secara bertahap sambil memantau gejala-gejala komposisi karburator sesuai dengan yang dijelaskan diatas.
Sebenarnya sangat banyak kombinasi penyetelan karburator,mulai dari hal gampang seperti dalam pembahasan kita ini hingga yang extrim seperti korek karburator dll. itulah penjelasan singkat mengenai setting karburator semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar